Ingin Sukses dan Bahagia? Kenali Kepribadianmu dengan 5 Cara Ini!

by nextdreams.id


Posted on 2017-09-01 08:50:14



sumber: google.com

Perhatiin deh Budi sama Ani lagi ngobrol apa sih....

Budi : “Ceritakan siapa anda, sebutkan kelebihan dan kekurangan anda dalam waktu 5 menit.”

Ani : “Saya adalah orang yang baik, pengertian, rajin,hmm apalagi yaaa….”

Budi :*Krik-krik*

Sering mendapat pertanyaan seperti di atas? Bagaimana jawabanmu? Apakah sudah benar-benar menggambarkan kepribadianmu?

Pentingnya Mengenal Diri Sendiri

Memiliki kemampuan untuk mengenal potensi dan kelemahan diri merupakan hal yang sangat penting. Pertanyaannya, kenapa penting?

Banyak orang yang belum mengenal dirinya secara utuh sehingga tak jarang seseorang akhirnya sulit untuk menghargai dirinya sendiri, apalagi untuk menentukan arah hidup.

Coba kamu perhatikan, kebanyakan orang hanya merubah tampilan luarnya saja, namun tidak memperhatikan potensi apa yang sebenarnya bisa ia gali untuk mencapai apapun yang diinginkan, betul atau betul?  

Padahal ketika kamu mengenali potensi yang kamu punya, kamu akan lebih mudah menggapai masa depan sesuai dengan ekspektasi yang ada dibenakmu selama ini, TAPI kamu tidak akan pernah bisa mencapai apapun jika kamu saja tidak punya kemampuan dalam mengenali diri sendiri.

Memang untuk berkenalan dengan diri sendiri adalah hal yang gampang-gampang susah, perlu waktu dan usaha. Tetapi kalau bisa dibikin simple kenapa tidak?

Kepribadian Menurut Teori Johari Window

Pernah dengar Teori Johari Window / Jendela Johari? Teori ini merupakan teknik yang digunakan untuk membantu seseorang yang ingin memahami hubungan dengan dirinya sendiri ataupun orang lain. Johari Window diciptakan oleh Psikolog di Amerika, Joseph Luth dan Harrington Ingham pada tahun 1955.

Menurut teori ini, manusia memiliki 4 aspek kepribadian yaitu Open Self, Blind Self, Hidden Self, dan Unknown Self. Apa maksudnya?

Open Self adalah kepribadian yang kamu miliki dan kamu serta orang lain mengetahuinya, misalnya kamu adalah orang yang dikenal luwes dalam bergaul, orang lain menganggap kamu demikian dan kamu juga menyadari hal tersebut.

Blind Self merupakan kepribadian yang orang lain ketahui tentang kamu, namun kamu sendiri tidak mengetahuinya, contohnya menurut orang lain kamu adalah orang yang sulit bergaul namun kamu tidak berpikiran serupa.

Hidden Self adalah sesuatu yang kamu ketahui tentang dirimu namun orang lain tidak mengetahuinya. Misal, sebenarnya kamu merupakan orang yang sangat tempramental, namun kamu mampu menyembunyikannya di hadapan orang lain sehingga orang lain tidak mengetahuinya.  

Dan Unknown Self adalah kepribadian yang sebenarnya kamu miliki tapi kamu dan orang lain tidak mengetahuinya. Misalnya saja, kamu sebenarnya memiliki potensi di bidang A, namun kamu sampai sekarang tetap terkungkung di bidang B karna kamu tidak mencoba menggali potensi diri, sehingga kamu dan orang lain pun tidak mengetahuinya.

Nah, ternyata dari teori tersebut dapat kita lihat bahwa ada beberapa hal dari dirimu yang sebenarnya belum kamu ketahui, lalu untuk menggalinya langkah apa saja yang dapat kamu lakukan?

  1. Cari Tahu Hal yang Membuatmu Bahagia

Kamu pasti pernah merasa sangat bahagia setelah melakukan suatu hal bukan? Ya! bisa jadi hal tersebut adalah salah satu kelebihanmu. Untuk mengetahui potensi diri, kamu bisa mengidentifikasinya melalui hal-hal yang bisa membuatmu bahagia

Contohnya, kamu selalu senang jika harus berurusan dengan anak kecil, entah itu mengajaknya bermain, mengajarinya menggambar, menceritakan dongeng, atau bahkan hanya sekedar melihat senyum kecil di bibirnya. Dari contoh tersebut, mungkin saja kamu sebenarnya memiliki kemampuan untuk menjadi seorang guru, pekerja sosial, psikolog sekolah atau apapun yang berhubungan dengan anak-anak.

Nah coba sekarang mulai pikirkan, kira-kira apa saja ya yang biasanya membuatmu bahagia?

  1. Kenali Hal yang Tidak Disukai

Seringkali kamu merasa tidak nyaman ketika melakukan suatu pekerjaan, atau saat kamu sedang berada pada suasana tertentu, kamu merasa itu bukan kamu banget! Perasaan tersebut biasanya timbul ketika kamu harus menjumpai hal yang tidak kamu sukai.

Dengan mengenal hal-hal yang tidak kamu sukai, kamu akan lebih mudah bahagia dan sukses karena kamu akan menentukan kebahagiaanmu sesuai dengan standarmu sendiri, sehingga realita yang terjadi akan sesuai dengan apa yang diekspektasikan. Kamu akan lebih mudah mengambil keputusan dalam hidup, selain itu kamu juga akan menjadi orang berprinsip!

  1. Akui Kelebihan Dan Kelemahan Diri

Jika kamu sudah mengerti apa hal yang kamu sukai ataupun yang tidak disukai, sekarang saatnya kamu harus mengakui pada diri sendiri bahwa kamu memiliki kelebihan atau kelemahan tersebut. Terkadang, sebenarnya kamu sudah tahu apa saja hal yang menjadi kelebihan dan kelemahanmu, namun kamu tidak mau mengakui pada diri sendiri dan orang lain.

Banyak faktor yang membuatmu tidak memiliki kemampuan untuk mengakuinya. Contoh, kamu sebenarnya adalah orang yang pandai dalam berbicara, namun kamu tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup baik, sehingga kamu minder, dan sadar atau tidak kamu sedang menutup rapat-rapat kesempatanmu untuk bisa membagikan apa yang ingin kamu sampaikan kepada orang lain, padahal jika kamu memiliki cukup keberanian dan rasa percaya diri, kamu akan berhasil menyampaikan pesanmu kepada orang lain dengan baik dan bahkan kamu akan tampil memukau di depan publik.

Kamu hanya perlu banyak latihan dan jangan pernah berpura-pura menyukai sesuatu yang tidak kamu sukai, ataupun sebaliknya. Seseorang yang suka membohongi diri sendiri tidak akan bisa mengenal dirinya secara utuh. Jadilah pribadi yang jujur bahkan pada diri sendiri, agar kamu dapat menemukan kebahagiaan sejati dan mencapai sukses yang kamu inginkan.

  1. Berdamai Dengan Diri Sendiri

Memiliki kesalahan di masa lalu adalah hal wajar. Namun jika kamu enggan untuk move on dari kesalahan tersebut, kamu akan terus-menerus dihantui masa lalu, padahal sebenarnya sekarang kamu sudah tidak hidup di masa itu.

Sesekali memang kamu butuh untuk menyesal, tapi jika berlarut-larut it is a big NO! Cobalah untuk berdamai dengan diri sendiri, belajar memaafkan kesalahan yang ada pada dirimu. Memaafkan bukan merarti memaklumi, memaafkan adalah menyambut lembaran baru dalam hidup. Dengan memaafkan dirimu sendiri, kamu akan lebih mudah untuk menggali potensi tersembunyi yang ada pada diri.

Sudah siap untuk menyambut kesuksesan dan kebahagiaan dengan hati yang damai?

  1. Mengikuti Kelas Pelatihan

Untuk mengenali diri, mengikuti workshop atau training yang membahas seputar kepribadian adalah solusi yang efektif. Kenapa? Karena pada saat pelatihan kamu akan dibimbing oleh mentor atau coach yang sudah berpengalaman, sehingga dirimu akan lebih terarah.

Kamu pun bisa berkonsultasi langsung pada pakarnya, dan sudah pasti sang mentor atau coach dengan senang hati akan membantumu. Bukankah itu adalah satu langkah yang menyenangkan? Bandingkan jika kamu melakukannya tanpa bimbingan, mana yang lebih efektif?

Itulah beberapa langkah untuk mengenali kepribadianmu yang dapat  kamu lakukan secara langsung dan sangat mudah untuk diimplementasikan dalam hidupmu, jadi apa kamu sudah mengenali diri sendiri dengan baik?

Salam Lompatan Besar!