7 Cara Mendongkrak Omzet 6x Lipat!

by nextdreams.id


Posted on 2018-02-13 08:38:07



picture by nextdreams desain

Anda memiliki produk berkualitas tinggi namun omzet terus menurun tajam? Apakah anda yakin sudah melakukan cara-cara yang efektif untuk meningkatkan omzet penjualan?

Sekarang, coba anda periksa kembali perencanaan bisnis anda, bagaimana jika ternyata sistem bisnis yang anda gunakan belum efektif? Atau bahkan bisnis anda belum tersistem sama sekali!

Dikutip dari tom mcifle.com, 63% dari orang yang meminta informasi terkait dengan bisnis anda, tidak akan membeli setidaknya dalam kurun waktu 3 bulan, dan 20% akan membeli lebih dari waktu 12 bulan.

Ini artinya, orang akan melakukan riset yang cukup panjang sebelum ia akhirnya memutuskan untuk membeli suatu produk. Namun membangun sebuah bisnis bukan hanya sekedar menjual produk kemudian selesai, lebih dari itu. Jika anda ingin membuat omzet meroket berkali-kali lipat, anda harus memastikan bahwa sistem bisnis anda telah berjalan dengan baik. Dan yang harus anda lakukan sekarang adalah BERGERAK CEPAT namun tepat pada sasaran!

 

Untuk bisa melakukan pergerakan secara cepat, tentunya anda harus memiliki mindset yang tepat, kabar baiknya anda hanya perlu melakukan 7 cara ini untuk mendongkrak omzet bahkan hingga 6x lipat.. Bagaimana caranya?

 

Konsisten dan Fokus

 

Untuk mendongkrak omzet 6x lipat, anda harus benar-benar memahami apapun yang berkaitan dengan bisnis anda. Pastikan dimana uang anda mengalir dan bagaimana anda berperan. Perhatikan bagaimana kompetitor anda saat ini bermain dalam bisnis. Keberuntungan dapat tercipta jika anda peka dalam melihat peluang yang ada di sekitar anda.

 

Selain itu, anda juga harus mengenali dengan baik seluruh aktor yang terlibat dalam bisnis anda. Misalnya jika anda berkecimpung di bisnis ritel, kenali posisi anda, apakah anda seorang distributor? agen? reseller? atau dropshipper?

 

Siapapun anda, anda memiliki potensi untuk meningkatkan omzet berkali-kali lipat, walaupun hanya dropshipper sekalipun, kuncinya anda harus tetap konsisten dan FOKUS.

 

Deskripsikan Model Bisnis Secara Detail

 

Bisnis yang baik adalah bisnis yang terencana dengan rapi. Untuk memetakan rencana bisnis anda, anda harus membuat kerangkanya terlebih dahulu. Dalam buku “Business Model Generation”, Alex Osterwalder menjelaskan bahwa terdapat 9 kerangka atau building blocks yang terdapat pada model bisnis.

 

Anda bisa menggunakan tools gratis maupun berbayar untuk membantu anda, salah satu tools yang sedang booming di kalangan para pebisnis saat ini adalah Canvas. Dengan Business Model Canvas, anda akan lebih mudah melihat secara keseluruhan kerajaan bisnis anda, sehingga anda dapat menganalisa potensi apa saja yang terdapat di dalam bisnis anda dan akan di bawa kemana nantinya bisnis anda di masa depan.

  

Cari Tahu Target Pasar Anda

 

Ketika anda sudah memiliki produk yang sangat bagus, namun anda tidak membidik target pasar dengan tepat, sama saja anda sedang membunuh bisnis anda. Bayangkan, jika anda menjual produk penambah nafsu makan, kira-kira siapakah pasar anda? orang dewasa bertubuh gemuk? atau anak-anak yang memiliki badan kurus?

 

Tak hanya itu, anda harus membidik target anda lebih spesifik dan lebih dalam lagi. Misal, anda sudah tau target anda adalah anak-anak dengan tubuh kurus, namun apakah tubuh kurus merupakan sebuah masalah bagi mereka? Bisa ya, bisa tidak.

 

Cari tau masalah pelanggan anda!

 

Produk          = Penambah nafsu makan

Target            = Orang tua dari anak-anak dengan berat badan kurang dari 20kg

Masalah        = Anak terlihat lesu karena tidak nafsu makan

Solusi             = Produk anda!

 

Lakukan riset pasar untuk mengetahui masalah-masalah yang di hadapi masyarakat saat ini, dan jadilah solusi bagi masalah tersebut!

 

Tentukan Goals dengan Teknik SMART

 

Teknik SMART merupakan teknik yang biasa digunakan untuk menentukan target agar goals yang ditargetkan tercapai. Teknik SMART diperkenalkan pertama kali oleh George T. Doran pada tahun 1981. Di dalam teknik ini, terdapat 5 prinsip dasar yaitu Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Timely.

 

  • Specific                : Target yang dibuat harus sedetail mungkin.
  • Measurable       : Target yang terukur
  • Attainable          : Target yang dapat dicapai sesuai kemampuan
  • Realistic               : Target harus masuk akal
  • Timely                  : Target harus memiliki batas waktu yang ditentukan

Contoh : Tahun 2019 saya harus bisa membuka cabang coffee shop di 7 kota  besar dengan omzet 6x lipat lebih besar dari cabang sebelumnya, maka dari sekarang saya harus melakukan survey lokasi dan branding melalui media online dan offline.

Apakah target goals anda sudah sesuai dengan teknik SMART?

Catat Ide Bisnis dan Daftar Kebutuhan

Anda memiliki banyak ide untuk mengembangkan bisnis, namun ide anda sering kali tidak terealisasi? Sebaiknya yang menjadi kebutuhan dalam bisnis anda sebaiknya tercatat dan tersimpan dengan rapi. Ketika kebutuhan anda tidak tercatat secara detail, anda mungkin saja ingat untuk sementara waktu, namun anda hanyalah manusia biasa yang sering kali lupa.

“Good Things Happen When You Set Your Priorities Straight” -Scott Caan-

Dengan mencatat, anda dapat dapat menentukan skala prioritas sehingga anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan rapi, dan goals anda akan lebih mudah untuk tercapai.

Miliki Tim yang Hebat

Untuk dapat membangun sistem yang dapat membantu anda mendongkrak omzet hingga berkali-kali lipat, anda membutuhkan tim yang hebat! Tim yang hebat adalah tim yang terbentuk dari proses yang maksimal.

 

Ibarat bibit yang tumbuh subur, perekrutan tim juga harus diawali dengan seleksi yang cukup ketat. Semua aspek perlu diperhatikan, mulai dari kepribadian hingga skill. Pada umumnya perusahaan akan melakukan proses seleksi CV, psikotes dan wawancara untuk menemukan calon tim yang tepat. Namun anda dapat menggunakan metode akurat lainnya untuk menganalisa kepribadian dan potensi tim anda. Salah satu metode yang dapat anda gunakan adalah Grafologi dan Numerologi!

Mengapa Grafologi

 

Grafologi merupakan metode yang digunakan untuk menganalisa kepribadian seseorang secara mendalam melalui tulisan tangan. Pada tahun 1930-an, peneliti dari Harvard University membuktikan bahwa tulisan tangan merupakan ukuran yang signifikan dan akurat untuk mengetahui kepribadian seseorang. Rekam jejak seseorang dapat terlihat dari tulisan tangannya, karena tulisan tangan merupakan tulisan otak. Otak atau pikiran menyimpan rekaman dari hal-hal yang dialami seseorang sepanjang hidupnya, dan rekaman tersebut terungkap dalam sebuah tulisan.

Lalu bagaimana dengan Numerologi?

Numerologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana kehidupan seseorang sangat dipengaruhi oleh energi angka yang dimilikinya. Dengan Numerologi, anda dapat menganalisa potensi yang dimiliki calon tim anda melalui energi angka yang didapatkan melalui perhitungan tanggal lahir dan nama.

Tak hanya dapat membantu anda dalam proses perekrutan, Grafologi dan Numerologi juga dapat membantu anda melatih tim yang sudah ada menjadi tim yang lebih berpotensi dari kondisi sebelumnya.

Untuk itu anda dapat mengikuti training yang membahas seputar Grafologi dan Numerologi secara mendalam agar anda mengetahui potensi besar yang ada pada tim anda. Klik di sini untuk mengetahui Grafologi & Numerologi

Ciptakan Repeat Order

Apa arti pelanggan bagi anda?

Jika anda ingin membuat omzet anda meroket, maka perlakukan pelanggan anda seperti raja. Berikan pelayanan terbaik anda untuk mereka. Kenapa? Jawabannya simple, karena pelanggan merupakan sumber penghasilan anda, maka anda harus menciptakan loyalitas pelanggan terhadap produk atau bisnis anda.   

Perlakukan mereka sebagaimana ketika anda menjadi seorang pelanggan. Anda harus menganalisa, apa yang mereka butuhkan? apa yang mereka pertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut? dan apa yang mereka pikirkan ketika harus mengorbankan uang mereka dengan sesuatu yang mereka butuhkan dari anda?

Hmm.. sudah pernah beli, tapi kok nggak pernah keliatan lagi ya? kenapa mereka hanya beli satu kali?

Oke, sekarang saatnya anda mengetahui bagaimana caranya supaya mereka selalu ingat dengan produk anda dan akhirnya melakukan repeat order.

Pelanggan yang akan kembali membeli produk anda adalah pelanggan yang mengingat produk anda melalui , pelanggan yang sudah merasakan langsung manfaat dari produk anda, dan pelanggan yang sangat puas dengan pelayanan anda.

Di era digital seperti sekarang, meningkatkan awareness di masyarakat tidaklah sulit, anda hanya perlu menguasai online marketing. Gunakan Facebook atau Google Ads agar produk anda dikenal lebih luas lagi. Selain itu cari tahu produk apa lagi yang dibutuhkan oleh pelanggan anda, dan lakukan upselling untuk meningkatkan omzet anda.

Kepuasan pelanggan anda adalah hal utama yang harus terpenuhi untuk mencapai repeat order. Agar pelanggan anda merasa puas, maka anda harus meningkatkan pelayanan dengan berbagai penawaran menarik dengan berbagai sales promo seperti diskon gila-gilaan, buy 1 get 1, free produk, free konsultasi dan berbagai macam promo menarik lainnya.

Nah, setelah anda mengetahui trik-trik untuk mendongkrak omzet anda hingga 6x lipat, kini saatnya anda take action! Selamat mencoba!